Tuesday 26 May 2015

HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU DENGAN PELAKSANAAN MENYUSUI BAYI PADA IBU PRIMIPARA


ABSTRAK

Ibu primipara , ASI seringkeluar pada hari ke-3 dan jumlah ASI selama 3 hari pertama hanya 50 Ml ( kira-kira 3 sendok makan). Namun ,bila hal ini tidak dipahami, banyak ibu yang merasa ASInya kurang. Pengetahuan ibu tentang menyusui sangat mempengaruhi pelaksanaan manajemen laktasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan Pengetahuan Ibu dengan pelaksanaan menyusui bayi pada ibu primipara di wilayah kerja Puskesmas sawah Lebar Kota Bengkulu.

Jenis penelitian adalah cross sectional. Popilasi penelitian Ibu primipara di wilayah puskesmas Sawah Lebar Kota Bengkulu. Jumlah sampel sebanyak 70. Analisa statistic yang digunakan adlah analisa univariat dan bivariat dengan menggunakan uji chi-square.

Hasil penelitian Hampir setengah (44,29%) berpengetahuan kurang, Lebih sebagian (64,29%) ibu primipara pelaksanaan menyusui kurang.  Ada hubungan pengetahuan ibu dengan pelaksanaan menyusui bayi pada Ibu Primipara di Puskesmas Sawah Lebar Kota Bengkulu (ρ= 0,005).

Kepada puskesmas Sawah lebar Kota bengkulu Untuk meningkatkatkan pengetahuan  menyusui bayi melalui  penyuluhan sehingga mereka memahami dan menjalankan pelaksanaan menyusui  dengan baik dan benar.


Kata kunci     : Primapara, Pengetahuan, Pelaksaan Menyususi.

FILE LENGKAPNYA SILAHKAN DONLOAD LINK DIBAWAH 
http://adf.ly/10052769/andeka


No comments:

Post a Comment